Senin, 31 Desember 2012

KAPAL MOTOR KEMBALI TERBAKAR


CILEGON,BE – kebakaran kembali melanda kapal Roll on-Roll Off (Roro) atau fery di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten. Seluruh penumpang yang sudah terlanjur masuk ke dalam kapal berhamburan keluar setelah muncul kepulan asap tebal yang berasal dari ruang mesin bagian bawah (KMP) Bahuga Pratama yang tengah bongkar muat di Dermaga I Jum’at (18/3) sekitar pukul 15.40 Wib.
Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka, Namun, para penumpang mengaku trauma. Saat kebakaran terjadi, di area parker KMP Bahuga Pratama baru-baru terdapat 5 unit kendaraan. sedangkan puluhan kendaraan lainnya masih berada di area dermaga. Kelima kendaraan yang sudah berada di dalam kapal langsung melakukan keluar kapal.
Kepala Kantor Administrator Pelabuhan (Adpel) Kelas I Banten Babtis Sugiharto, mengatakan, sebelum kapal berangkat melayani penyeberangan pihaknya sudah melakukan pemeriksaan surat-surat kelengkapan. “Semua kapal yang bersandar kami periksa surat-suratnya, sehingga saat kapal meninggalkan dermaga, pemeriksaannya harus sudah selesai dilakukan,” katanya.
Peristiwa ini menambah kemacetan di Pelabuhan Merak makin parah. Sebab KMP Bahuga Pratama selama 3 jam berada di dermaga menunggu tug boat yang akan menariknya. “bukan terbaka, tapi mesin gensetnya yang mengeluarkan asap,” kata Manager Operasional PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak Endin Juhendi. “Kalau terlalu lama di dermaga akan mengganggu arus penyeberangan dan kemacetan akan bertambah,” tambah Endin. Para penumpang dan kendaraan kapal yang terbakar dialihkan ke kapal We Love Indonesia.

Tidak ada komentar: