Jumat, 25 Mei 2012

KERJASAMA KOMPETISI RAMADHAN 1433 H



Rismaalmukarromah - Remaja masjid memiliki kedudukan dan peranan yang sangat strategis dalam kerangka pemberdayaan dan pembinaan remaja Islam di sekitarnya serta memiliki peran dalam memakmurkan masjid. Remaja masjid semakin terasa diperlukan terutama untuk mengorganisir kegiatan dakwah yang memiliki keterikatan dengan masjid. Keberadaannya dapat memberikan warna tersendiri bagi pengembangan masjid yang tentunya, diharapkan remaja masjid dapat menjadi penggerak pengembangan dakwah Islam yaitu dengan menjadikan masjid sebagai pusat aktivitasnya.
Saat ini Remaja Masjid telah menjadi salah satu wadah favorit kegiatan remaja muslim dan umumnya dapat dijumpai di daerah kota-kota besar. Meskipun keberadaannya masih ada hambatan, namun secara umum masyarakat sudah bisa menerima atas kehadiran Remaja Islam Masjid yang salah satunya adalah RISMA AL-MUKARROMAH. Untuk mewujudkan hal tersebut tentunya peranan Remaja Islam Masjid RISMA AL-MUKARROMAH sangat diperlukan dalam rangka memakmurkan khsusunya serta untuk mengorganisir potensi remaja Islam yang ada di sekitar dalam meningkatkan kualitas keislaman, kemasjidan, keremajaan, ketrampilan dan keilmuan.
Saat ini Remaja Islam Masjid AL-MUKARROMAH Kota Serang saat ini dihadapkan pada tantangan untuk menghasilkan jiwa pemimpin yang tidak hanya mempunyai kemampuan keilmuan (hard skills) yang memadai, namun juga diharuskan mempunyai kemampuan kepribadian (soft skills) seperti :kemampuan berkomunikasi, kepercayaan diri, dan kemampuan bekerjasama, serta kepribadian yang ramah dan berintegritas. yang mumpuni. Orientasi mutu Remaja Islam AL-MUKARROMAH yang selama ini hanya berorientasi pada pertemuan rutin dalam pengajian prima mulai bergeser dengan dimasukkannya unsur pengembangan soft skills. Penguasaan soft skills diperlukan agar berhasil dalam persaingan dunia kerja, lebih cepat beradaptasi dan sukses dalam karier. Keberhasilan karier seseorang didukung oleh  80% soft skills dan 20% hard skills. Sementara dalam kiwirausahaan kita saat ini masih menekankan pada hard skills 90% dan soft skills 10%.
Beberapa perkumpulan Remaja Islam AL-MUKARROMAH telah mengembangkan soft skills dengan berbagai pendekatan melalui program kegiatan Ramadhan 1433 H dengan jenis kegiatan Lomba Menulis Pidato, Cerpen Islam, Call For Paper, dan Poster Islam dengan bekerjasama melalui Memorandum Of Understanding (MoU) bersama KARISMA PROVINSI BANTEN (Organisasi Kepenulisan) yang duduk dibawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten (KEMENDIKBUD BANTEN) yang berlangsung selama 3 hari (Selasa, 15 Mei 2012 s/d Kamis, 17 Mei 2012) dalam lomba keislaman, pengembangan dan Pelatihan kewirausahaan. Namun ternyata banyak pendapat menyebutkan penguasaan kemampuan soft skills belum sepenuhnya dikuasai oleh remaja yang siap pakai atau industri kecil sehingga masih banyak remaja Islam yang belum terserap di dunia kerja.
Melihat kenyataan tersebut diatas, maka pengurus DKM AL-MUKARROMAH bidang ekonomi dan kesejahteraan umat ingin memberikan kontribusi dengan mengadakan kegiatan yang sifatnya untuk menumbuhkan kreatifitas, kepercayaan diri, kemampuan bekerjasama dan mempu berwirausaha melalui kegiatan Lomba Menulis Pidato, Cerpen Islam, Call For Paper, dan Poster Islam dan pelatihan wirausaha. Dan program pelatihan ini akan dilakukan secara rutin setiap tahun pada kepengurusan yang berbeda pada masa yang akan datang. Wallhualam Bishawaf...








Tidak ada komentar: